TOTURIAL

Minggu, 30 Juni 2013

JENIS PONDASI UNTUK BANGUNAN RUMAH TINGGAL



JENIS PONDASI UNTUK BANGUNAN RUMAH TINGGAL

1.      Tentang  pondasi
Pondasi adalah suatu bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi untuk menempatkan bangunan dan meneruskan beban yang disalurkan dari struktur atas ke tanah dasar pondasi yang cukup kuat menahannya tanpa terjadinya differential settlement pada sistem strukturnya.

Pondasi merupakan dasar rumah yang harus ada, karena tanpa pondasi rumah tidak akan kuat dan kokoh sehingga jadi tidak aman jika ditempati. Setiap rumah bisa memerlukan system pondasi yang berbeda-beda, bergantung pada kondisi tanah dasarnya.

Hal yang mempengaruhi besr kecilnya biaya pembuatan pondasi yaitu galian tanah, (volume dan jenis tanah)  harga bahan, pengangkutan dan upah krja.

Ada beberapa macam jenis pondasi yang bisa digunakan untuk rumah yaitu :
a.       Pondasi umpak/setempat
Umumnya dipakai pada bangunan sederhana yang terbuat dari rangka kayu dengan dindin dari papan.
Pondasi umpak terbuat dari bahan-bahan sebagai berikut :
·         Pasangan batu yang disusun meningkat
·         Pasangan batu kali
·         Cor beton tidaak bertulang
·         Batu alam yang dibuat menjadi umpak
 Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar berikut ini :


b.      Pondasi menerus
Pondasi menerus biasa di gunakan untuk pondasi dinding, terutama digunakan pada bangunan rumah tinggal tidak bertingkat, seluruh beban atap/ beban bangunan umumnya dipikul oleh dinding dan diteruskan ke tanah melelui pondasi menerus sepanjang dinding bangunan.
Untuk bangunan kecil diatas tanah baik, pondasi menerus dinding setengah bata cukup diletakan pada kedalaman 60 – 80 cm, sedang konstruksi pondasi cukup dari pasangan batu kali, lebar dasar pondasi umumnya tidak kurang dari dua setengah kali tebal tembok.


Di atas pondasi batu perlu dipasang balok sloof beton bertulang yang berfungsi sebagai balok pengikat dan juga dapat meratakan beban dinding.
Untuk dinding yang memikul beban agak berat atau karena daya dukung tanah kecil, digunakan pondasi jalur pelat beton.
Untuk menambah ketahan bangunan terhadap gempa, pondasi sebaiknya dibuat menerus sekeliling bangunan tanpa terputus, juga untuk pondasi dinding penyekat dibuat menerus agar lebih kaku/kokoh.


c.       Pondasi telapak/setempat
Pondasi Telapak, dibuat dari bahan konstruksi beton bertulang dengan bentuk plat persegi. Pondasi telapak ini juga disebut dengan voetplat.
  

2.      Jenis Bahan Pondasi
Jenis bahan  Pondasi yaitu pasir, semen/pc, dan batu. Pasir dan semen adalah bahan dasar membuat bangunan sedangkan batu merupakan bahan intinya. Jenis batu yang digunakan adalah batu bulat, batu belah, batu karang dan batu blondos.
a.       Batu Bulat
Batu bulat merupakan bahan yang banyak ditemui hampir disemua daerah di Indonesia. Batu bulat berasaldaribatu kali/sungai dan gunung.
Cirri-cirinya bentuknya bulay berwarna abu-abu agak kehitaman. Batu bulat yang baik untuk pondasi adalah yang tidak terlalu besar, cukup keras, bersih dan tidak memperlihatkan tanda-tanda lapuk. Kelemahan batu bulat ini adalah karena bentuknya bulat menyebabkan tidak akan saling mencengkeram satu dengan yang lainnya ketika dipasang.
  
b.      Batu Belah
Batu belah berasal dari batu bulat berukuran besar kemudian di pecah menjadi bongkahan-bongkahan lebih kecil. Batu belah merupakan batu yang sangat baik untuk pondasi menerus dan pondasi umpak.  Batu belah yang baik harus keras, padat bersih dan tidak lapuk.



c.       Batu karang
Batu karang berwarna putih atau kuning muda. Batu ini berasal dari laut dan pantai. Batu karang yang baik mempunyai kepadatan pada patahannya, kuat, keras dan bersih tnpa garis-garis pelapukan. Pada saat pemasangan batu karang harus dipilih yang sudah dibelah-belah agar satu sama lainya dapat mengikat.


d.      Batu blondos
Batu ini asanya dari batu bulat yaitu dari kali(sungai) dan gunung. Hanya saja bentuknya hanya sekepal tangan dewasa. Batu ini disebut juga batu kosongan. Batu blondos berwarna hitam dan keabu-abuan. Dan digunakan untuk lapisan aanstamping pada pondasi menerus dan pondasi setempat(umpak). Batu blondos yang baik harus kuat,atu blondos yang baik harus kuat,keras, bersih dan tidak lapuk.




                            Semoga bermanfaat,.......

9 komentar:

  1. salam,

    cukup bermanfaat...
    bisa di tambahkan gan pondasi strauss pile metode ini sangat efektif untuk rumah tinggal 2 lantai ataupun 3 lantai disamping biayanya yang cukup murah pondasi ini juga bertumpu di tanah dalam yang artinya juga bertumpu di tanah yang lebih keras dengan demikian resiko penurunan pondasi dapat di minimalisir.
    tks

    BalasHapus
  2. artikel yang bagus gan untuk pembahasan masalah pondasi,
    untuk zaman sekarang strauss pile memang makin banyak dipakai ,

    BalasHapus
  3. pondasi memang merupakan komponen cagak rumah, bila pondasi tidak kuat sama saja membangun rumah untuk beberapa bulan, jadi semakin anda memilih kontruk yang tepat maka rumah anda dapat bertahan lebih lama indesainrumah

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya. Assalamualaikum. Dijual Rumah ..LT 375m2. LB 100, KT 3 KM 2 ruang keluarga dapur, menghadap selatan, air jetpump listrik 900 watt. Carpot mobil.... Alamat Kp,Turi, desa sriamur,tambun utara,bekasi,Surat SHM,,dekat dgn masjid,pasar,kecamatan,,sekolah dr TK sampe Smk... Dekat Rencana akses tol Luar..bekasi cibitung/cikarang.. Rp.680jt. http://www.dijual-rumahdibekasi.blogspot.co.id/2016/02/rumah-dijual-dibekasi-harga-nego.html?m=1

    BalasHapus
  5. Saya rencana.a mau bangun rumah di tempat peternakan puyuh konsultasipeternakan.blogspot.com. Lagi nyari inspirasi nih untuk bangun rumah kayu sederhana. kasih saran donk guys.

    Thank you

    BalasHapus
  6. Pada perkembangan jaman modern jenis pondasi bore pile dan strauss pile semakin di minati oleh kalangan masyarakat. Karena jenis pondasi ini kuat dan cocok untuk konstruksi rumah 2 lantai bahkan sampai 5 lantai.

    BalasHapus
  7. Wow ternyata banyak juga ya jenis2 batu pondasi rumah :D

    BalasHapus
  8. Sangat bermanfaat artikelnya...



    Kalo ada yang mau tinggal sementara atau selamanya di Jogja. Kami bisa bantu mencarikan tempat tinggal yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Jangan bingung mencari atau mengiklankan Rumah kontrakan, Kontrakan Paviliun, Homestay, Ruko, Kos-kosan, Sewa rumah/tanah, dan Jual beli rumah/tanah di Jogja!

    Karena Cari Kontrakan Jogja telah hadir di tengah-tengah Anda.

    Silahkan kunjungi website kami langsung dan buktikan sendiri pelayanan kami hanya di :

    http://carikontrakanjogja.com/


    Kami menawarkan space iklan di website kami. Jika Anda ingin memasang produk2 yang Anda jual, silahkan kunjungi website kami. Dan hubungi nomor yang telah tercantum di website kami.


    www.carikontrakanjogja.com

    BalasHapus