TOTURIAL

Kamis, 27 Juni 2013

TIPS MEMBANGUN RUMAH




TIPS MEMBANGUN RUMAH

Rumah, semua orang akan mengatakan sebagai tempt berlindung dari panas, dingin, hujan dan lain-lainnya. Siapa yang tidak menginginkan rumah yang nyaman sebagai tempat berlindung, dengan bangunan sesuai dengan desain dan selera. Bertambahnya jumlah anggota sekeluarga tentu akan bertambah juga aktivitas keluarga. Jika jumlah ruang dinilai sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan mungkin perlu dilakukan renovasi berupa penambahan ruangan. Namun yang paling utama adalah membangun rumah sesuai dengan kemampuan keuangan anda. Bagaimana jika keuangan yang dimiliki sangat terbatas,….? Belum lagi seperti kenaikan harga bahan bangunan? Memang cukup kompelks masalah untuk membangun rumah, juka membangun direncanakan terlebih dahlu dengan baik maka segala halangan ini dapat Teratasi.  Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam merencanakan pembanguna rumah, baik membngun rujmah baru maupun merenovasi rumah….

1.      Estetika
Rumah setidaknya memiliki sebuah keindahan dalam bentuk, tidak hanya pada pemiliknya saja namun orang lain yang melihatnya juga terasa nyaman.
2.      Ekonomis
Bentuk dan ukuran struktur rumah sangat berpengaruh dengan besarnya biaya yang dikeluarkan, penggunaan bahan bangunaan yang baik dan berkualitas akan membuat rumah jadi tahan lama.
3.      Fungsi
Bentuk struktur rumah sebaiknya disesuai dengan fungsi kebutuhan nya, semakin bnyk ruang tidak hanya biaya membangun saja namun  juga pada pemeliharaannya.
4.      Struktur
Struktur yang kokoh dan kuat akan memberi rasa nyaman bagi pemilik rumah.

Dari uraian diatas, untuk membangaaun rumah memang perlu butuh perencanaan yang matang, karena jika ada kesalahan, mungkin biaya yang dikeluarkan bisa bertambah banyak.

Ada beberapa langkah awal yang perlu diperhatikan dalam membangun rumah,  namun sering dilupakan….
1.      Diskusikan dengan keluarga anda tentang rencana pembanguna ini
Hal ini mungkin sering dilupakan. Jika rencana anda sudah didukung oleh keluarga tentu mereka memiliki keinginan yang berbeda-beda. Ini berguna agar dalam pembangunan nanti tidak ada perubahan yang akan menambah biaya.
2.      Hubungi arsitek yang anda kenal
Samapaikan rencana anda kepada arsitek karna dia lebih menguasai teknik pembangunan rumah sehat dan  nyaman. Tanyakan pada arsitek secara detail sehingga anda paham apa yang akan dikerjakan nanti. Biasanya arsitek akan membuat estimasi anggaran yang akan dikeluarkan nantinya sesuai dengan gambar desain.
3.      Cari informasi harga terbaru tentang bahan bangunan
Carilah informasi yang akurat, pada teman2 anda maupun pada rekan kerja. Kalau bisa cek langsung pada toko bangunan. Namun ini adalah hal yang sangat penting , mengingat harga bahan bnagunan sangat bervariatif
4.      Memilih pelaksana bangunan
Memilih pelaksana untuk mengerjakan bangunan rumah merupakan  hal yang tidak mudah. Pelaksana bangunan menentukan sukses atau tidaknya bangunan rumah anda. Mintalah informasi pada pelaksana tentang bangunan apa saja yang telah dibuatnya atau dikerjakannya..
Ada beberapa system pelaksanaan bangunan yaitu :
a.       Sistem borongan  
Cara ini cukup menghemat waktu karena seluruh pekerjaan rumah diserah kepada pembororng. Termasuk bahan banguana dan pekerja bangunan. Kelemahan system ini biaya yang keluarkan mahal selain itu beberapa diskon harga bahan bangunan akan menjadi pemilik si pemborong.
b.      Sistem cost and fee
System ini menggunakan jasa pemborong, anda tinggal membayar material bahan bangunan. Cara ini mirip dengan cara bororngan. Namun dengan cara ini anda dapat mengontrol pembelian bahan bangunan dan kualitas pekerjaan tukang dengan tagihan yang harus dibayar.
c.       Sistem pembayaran harian
Dengan system ini anda harus mengawasi sendiri  pekerjaan tukang karena pembayaran tukang dilakukan tiap hari. Anda juga harus membeli bahan bangunan sendiri sesuai kebutuhan pekerjaan. Keuntungan ini anda dapat menekan biaya pembelian bahan dan pemakaian bahan bangunan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar